Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

bahaya rokok bagi kesehatan

bahaya rokok bagi kesehatan

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan – Bahaya merokok bisa merusak organ tubuh telah tersemat pada setiap kemasan pada berbagai produk rokok. Rokok mengintai kesehatan bagi semua orang, baik itu bagi si perokok maupun orang-orang yang hanya menghirup asapnya saja, sebab di dalam sebatang rokok terkandung 4000 lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. الطاولة المحبوسة

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat megakibatkan berbagai kerusakan pada organ bagian dalam tubuh, dan memunculkan berbagai penyakit mematikan. Kenikmatan akan hisapan rokok rupanya tidak sebanding dengan bahayanya bagi kesehatan.

Efek dari menerapkan gaya hidup seperti ini memang tak lantas terjadi, tapi seiring berjalannya waktu, berbagai zat yang terkandung di dalam rokok akan sedikit demi sedikit merusak organ dan menimbulkan berbagai penyakit.

Adapun bahaya rokok bagi kesehatan akan dijelaskna secara singkat dalam ulasan berikut ini.

BACA JUGA : Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

1. Kanker
Sumber : https://blue.kumparan.com/

Bahaya pertama yang amat populer dari merokok ialah dapat memicu penyakit kanker. Kanker disini bukanlah bahas plesetan semacam “Kantong Kering” melainkan benar-benar penyakit kanker yang mematikan.

Tak hanya menyebabkan penyakit kanker, merokok juga akan menambah pengeluaran biaya hidup bagi penggunaanya, namun tetap efek berbahaya sebetulnya mengintai kesehatan penggunanya dan orang-orang tersayang disekitarAnda.

Hal ini disebabkan pada setiap batang rokok terdapat lebih dari 60 zat kimia, zat-zat inilah yang dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh dan dapat memicu pertumbuhan sel tidak normal pada tubuh.

Efek jangka panjang dari merokok ialah seperti dapat mengidap penyakit kanker paru-paru, kanker mulut, laring (kotak suara), Faring (tenggorokan), gagal ginjal, kanker serviks, kerongkongan, dan masih banyak lagi. كيف تربح في الروليت

BACA JUGA : Manfaat Daun Kumis Kucing

2. Memicu Serangan Jantung
Sumber : https://www.emc.id/

Dalam setiap kemasan rokok merek apapun telah tertera bahaya dan kerugian merokok, seperti salah satunya ialah dapat menimbulkan penyakit jantung.

Menurut World Health Organization (WHO), tiap menitnya, hampir 11 juta batang rokok diisap di dunia, dan sekitar 10 orang dapat meninggal karenanya.

Selain mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya dan berpotensi dapat menjadi racun yang tidak baik bagi tubuh manusia, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan struktur otot jantung dan pembuluh darah pada organ satu ini.

Adanya kandungan Tar dan Nikotin pada tiap batang rokok dapat menjadi penyebab terjadinya penumpukan plak pada saluran pembuluh darah, yang kemudian akan menyebabkan penyakit jantung koroner.

BACA JUGA : Salah Satu Manfaat Senam Irama Adalah

3. Diabetes
Sumber : https://asset.kompas.com/

Para perokok aktif lebih beresiko terkena diabetes dibandingi dengan yang tidak merokok, atau orang yang aman dari rokok (tidak terkena paparan asap rokok).

Hal tersebut dikarenakan, adanya kandungan nikotin di setiap sebatang rokok, yang kemudian akna menimbulkan asap dari proses pembakaran, dan setelahnya dapat membuat kadar gula darah menjadi terlalu naik atau terlalu turun.

Ketika itu terjadi, nikotin juga akan mengubah aktifitas kimia dalam sel tubuh hingga terjadi Resistensi insulin, atau keadaan di saat sel tidak bisa memakai gula darah dengan normal, hal tersebut disebabkan karena terganggunya respon tubuh terhadap insulin.

Jika insulin sudah terganggu akibat dari pengaruh merokok, kadar gula darah jadi tidak terkendali. Jika diteruskan, keadaan ini bisa meningkatkan komplikasi berbagai penyakit seperti diabetes, gagal jantung, kerusakan ginjal serta syaraf, dan penyakit mata.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Keracunan Makanan

4. Gangguan Kehamilan dan Janin bagi Ibu Hamil
Sumber : https://www.honestdocs.id/

Ibu hamil yang merokok atau terkena paparan asap dari pembakaran rokok, akan amat berbahaya bagi kesehatan janinnya dalam kandungan. Jika bayi dalam kandungan acap kali terpapar asap rokok, pertumbuhan bayi yang dikandung akan terhambat dan melambat.

Ini disebabkan karena adanya kandungan nikotin di dalam rokok, yang bisa menghambat plasenta pada ibu hamil untuk dapat menyerap nutrisi dan oksigen ke bayi. Sehingga akan beresiko dalam proses kelahirannya, bayi akan memiliki berat badan lebih rendah dari bayi-bayi pada umumnya.

Sedangkan efek berbahaya bagi wanita yang menjadi perokok aktif ataupun pasif ialah dapat memicu infertilitas atau ketidaksuburan pada rahimnya.

5. Disfungsi Ereksi
Sumber : https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/

Dengan terhambatnya aliran darah menuju ke organ jantung dan otak, akibat dari kandungan berbahaya di asap rokok. Darah menuju organ vital, khususnya Mr.P juga akan terganggu.

Aliran darah ke organ vital yang terhambat juga dapat memicu timbulnya disfungsi ereksi. Tak hanya itu saja, bahaya lain merokok bagi seorang pria juga bisa menurunkan kwalitas air mani (sperma), yang selama ini menjadi salah satu masalah sulit dalm pproses infertilitas. موقع بيتك اون لاين

BACA JUGA : Bagaimana Cara Merawat Tanaman Dalam Pot

Demikian ulasan tentang bahaya rokok bagi kesehatan. Mulai sadari betapa berharganya kesehatan diri kita sendiri dan orang-orang tercinta, dengan mulai hindari kebiasaan merokok.