Cara Ternak Enthok

ternak enthok

ternak enthok

Ternak Enthok – Apakah Anda tertarik untuk beternak enthok? Perlu Anda ketahui, harga jual daging entok di pasaran cukup tinggi karena memiliki kandungan banyak khasiat.

Enthok adalah jenis unggas yang masih masuk ke dalam kategori keluarga bebek. Unggas ini diternakkan untuk diambil daging serta telurnya yang yang diketahui memiliki kandungan banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Harga daging enthok segar dengan berat 1.000 gram di pasaran ada pada kisaran Rp100.000. Sungguh harga yang cukup menggoda, bukan? Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk mulai beternak enthok di rumah.

Lantas, bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai cara ternak enthok yang sudah ailea.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Ternak Enthok yang Bisa Anda Coba Di Rumah!

ternak enthok

1. Pembuatan Kandang

Sebelum memutuskan mulai beternak enthok, langkah pertama yang wajib Anda lakukan yaitu membuat kandangnya terlebih dahulu.

Pembuatan kandang enthok ini harus Anda perhatikan dengan baik supaya enthok dapat merasa nyaman. Adapun kriteria yang perlu dipenuhi dalam pembuatan kandang enthok, yaitu:

  • Lokasi kandang harus berjauhan dengan rumah, yaitu sekitar 10 hingga 20 meter.
  • Sesuaikan ukuran kandang dengan jumlah enthok yang hendak Anda ternakkan.
  • Kandang perlu mempunyai pagar atau dinding yang tinggi.
  • Dinding dapat dibuat memakai bambu serta asbes untuk atap kandangnya.
  • Apabila luas kandang 10 meterpersegi, maka buatlah sekitar 5 meterpersegi untuk naungan serta tempat pemberian makan dan 5 meterpersegi sisanya sebagai area kubangan yang diberi pemisah.
  • Buat saluran air yang memadai untuk menghindari bau.
  • Sediakan tempat minum serta makan enthok di dalam kandang.

Baca Juga: Cara Ternak Lovebird

ternak enthok

2. Pemilihan Anakan Enthok

Sesudah kandang siap, selanjutnya yaitu memilih anakan entok yang unggul untuk dijadikan indukan. Memilih anakan sangat membutuhkan ketelitian. Karena pada tahap ini, risiko kegagalan akan sangat tinggi. Berikut ini adalah tips memilih anakan enthok yang unggul:

  • Anakan enthok asalnya dari induk yang mempunyai asal usul jelas.
  • Anakan dalam keadaan lincah, sehat, serta aktif bergerak.
  • Usia ideal anakan sekitar 6 hingga 7 bulan atau mempunyai bobot 100 hingga 200 gram.
  • Anakan didapatkan dari peternak yang terpercaya.
  • Proses pengangkutan perlu berhati-hati, karena anakan entok bisa stres.
  • Sesudah sampai, langsung lepaskan anakan entok ke dalam kandang serta berikan makanan khusus yang sudah disediakan.

ternak enthok

3. Persiapan Pakan

Anda juga perlu menjaga asupan nutrisi enthok supaya setiap entok yang diternakkan dapat tumbuh sehat. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan pakan enthok dengan baik. Sebab, setiap tahapan perkembangan enthok memerlukan jenis pakan yang berbeda.

Berikut ini adalah ketentuan pemberian pakan enthok, yaitu:

Anakan Umur 1-14 Hari

Pada tahap umur 1 hingga 14 hari ini, anakan entok memerlukan asupan nutrisi berupa posfor, protein, kalsium, energi serta vitamin. Porsi pakan juga perlu disesuaikan karena porsi harian untuk anakan masih sedikit. Pakan yang cocok untuk diberikan yaitu pelet.

Anakan Umur 15-35 Hari

Saat memasuki umur 15 hingga 35 hari, porsi pakan enthok mulai meningkat serta memerlukan jenis pakan yang memiliki kandungan banyak energi supaya bobot entok bertambah.

Pakan yang cocok diberikan yaitu konsentrat yang dikombinasikan dengan ampas tahu, bekatul serta biji jagung atau umbi-umbian.

Anakan Umur 36-60 Hari

Sesudah memasuki usia 46 hingga 60 hari, keperluan anak enthok lebih difokuskan pada kebutuhan vitamin serta mineral. Pakan yang cocok yaitu campuran eceng gondok, menir, ikan rucah, bekatul, keong, nasi aking, atau ampas tahu.

Baca Juga: Cara Ternak Kenari

ternak enthok

4. Pemberian Vitamin dan Vaksin

Tidak hanya memperhatikan pemberian pakannya, enthok juga memerlukan vaksin supaya terhindar dari beragam jenis serangan penyakit.

Pemberian vaksin dapat Anda lakukan sendiri ataupun dapat juga menggunakan bantuan profesional. Tidak hanya itu, enthok juga harus diberikan vitamin untuk mempercepat proses bertelurnya.

5. Pengendalian Penyakit dan Sanitasi Lingkungan

Enthok adalah jenis unggas yang dapat dikatakan cukup kebal terhadap serangan penyakit, terutama jika sudah diberi vaksin.

Walaupun begitu, Anda tetap harus menjaga kebersihan lingkungan kandang enthok sebagai bentuk pengendalian penyakit. Kandang enthok yang kotor karena tidak rutin dibersihkan dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit pada enthok.

Baca Juga: Makanan Tupai

6. Tahap Panen

Terdapat dua hal yang dapat dipanen dari beternak enthok, yakni telur serta daging enthoknya sendiri. Kedua hal tersebut dapat Anda peroleh dengan perawatan serta pemberian makan yang baik.

Jika Anda lebih fokus terhadap daging enthok, panenlah enthok yang berumur 4,5 bulan. Pada usia tersebut daging enthok masih empuk, muda dan gurih.

Itulah langkah-langkah ternak enthok yang dapat Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda.