Manfaat Air Beras untuk Wajah

manfaat air beras untuk wajah

manfaat air beras untuk wajah

Manfaat Air Beras untuk Wajah – Sekarang ini, industri kecantikan terus berinovasi dengan mengembangkan beragam produk-produk yang menjanjikan penampilan makin cantik dan awet muda. Akhir-akhir ini, beberapa brand dari produk kosmettik ternama juga menawarkan manfaat alami dari kandungan air beras untuk perawatan wajah dalam produknya.

Manfaat air beras untuk kecantikan, terutama dalam mencegah penuaan kulit, memang cukup populer. Adapun ulasan singkatnya ialah sebagai berikut.

BACA JUGA : Cara Menebal Kan Bulu Mata

Air beras adalah cairan yang berasal dari sisia setelah merebus atau merendam beras. Cairan ini mengandung sekitar 75 – 80% zat tepung, vitamin B dan E, mineral, serta bebagai jenis antioksidan lainnya yang terdapat pada beras.

Air sisa rebusan beras berbeda dengan air bekas mencuci beras, walaupun sebenarnya Anda bisa menerapkan keduanya, namun manfaat air cucian beras tidaklah sama dengan manfaat dari air rebusan beras yang cenderung lebih kaya akan manfaat.

Walaupun sebenarnya belum ada banyak penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air beras untuk kesehatan kulit wajah dan juga tubuh. Namun, tak ada salahnya untuk mengetahui bebebrapa manfaat dari sisa air rebusan beras yang telah ditemukan berikut.

BACA JUGA : Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult?

Manfaat Air Rebusan Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah

1. Melindungi Sel Kulit dari Kerusakan
Sumber : https://www.honestdocs.id/

Air beras kaya akan antioksidan, terutama inositol. Senyawa ini berfungsi untuk melindungi sel kulit Anda dengan cara menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah zat yang dapat membahayakan dan bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Hal tersebut karena dalam air beras terkandung aktifitas antioksidan yang sama kuatnya seperti vitamin C.

2. Mengurangi Iritasi Pada Kulit

Tak hanya wajah, air beras juga bermanfaat untuk kulit tubuh lho. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang menguji manfaat mandi air beras pada dua kelompok, yaitu para penderita eksim atopik dan mereka yang mengalami iritasi kulit akibat dari natrium lauril sulfat.

Mereka menemukan bahwa, berendam dalam air beras selama 15 menit per harinya mampu mempercepat proses pemulihan kulit dan mencegah iritasi pada kulit. Namun penemuan ini masih memerlukan kajian lebih lanjut.

BACA JUGA : Cara Melacak No HP Lewat Satelit

3. Memperlambat Penuaan Kulit

Penelitian lainnya dari air beras ialah dapat digunakan untuk menurunkan aktifitas enzim elastase yang berperan dalam proses penuaan kulit. Hal inilah yang menjadikan air beras mungkin bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini dan garis-garis halus pada wajah.

Namun, penelitian tentang khasiat air beras untuk wajah ini juga masih sangat terbatas dan belum dikembangkan. Oleh karenanya, ada pantasnya Anda tetap menjalani rutinitas skin care dan tidak hanya mengandalkan air bekas rebusan beras semata.

BACA JUGA : Review Garnier Sakura White untuk Kulit Berminyak

4. Mengurangi Keriput di Wajah
Sumber : https://www.galadiva.com/

Adanya kandungan antioksidan yang tinggi pada air beras tidak hanya berguna untuk menangkal radikal bebas saja. Bagi Anda yang berusia lanjut, antioksidan dalam air beras ini juga dapat membantu menyamarkan keriput dan mencegahnya agar tak memunculkan keriput baru.

Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian lama di Negara Korea, manfaat ini berasal dari kandungan inositol dan asam fitat pada beras. Para peneliti tersebut mengutarakan bahwa, penggunaan air beras dalam waktu tertentu atau dalam jangka 1 bulan akan menambah kelembapan pada kulit dan mengurangi masallah keriput yang ada di wajah.

BACA JUGA : Manfaat dari Olahraga Renang

5. Mengurangi Peradangan pada Kulit

Ada banyak situasi yang dapat menyebabkan masalah peradangan pada wajah, di antaranya ialah eksim, jerawat, rosacea, sampai infeksi akibat bakteri. Untungnya, dalam air beras memiliki manfaat tersendiri bagi kulit wajah yang sering mengalami permasalahan seperti peradangan kulit satu ini.

Beberapa pakar meyakini bahwa, sisa air rebusan beras memiliki efek dalam melembutkan, menenangkan, dan melembapkan kulit. Namun, sebelum menjadikan air beras sebagai perawatan pada wajah yang meradang, ada baiknya bagi Anda untuk selalu konsultasikan masalah kulit tersebut kepada dokter spesialis kulit terlebih dahulu.

BACA JUGA : Cara Memakai Masker Spirulina Hpai

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat air beras untuk wajah yang bisa anda jadikan opsi sebagai skin care alami. Semoga bermanfaat dan dapat membantu mengatasi dilema kulitmu.