Manfaat Energi Panas Matahari

manfaat energi panas matahari

manfaat energi panas matahari

Manfaat Energi Panas Matahari – Matahari adalah bintang terdekat dan penyedia energi panas yang dibutuhkan setiap makhluk untuk dapat bertahan hidup di bumi. Energi matahari dapat dimanfaatkan untuk bermacam-macam hal dan dengan berbagai cara. Miaslnya saja dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk melangsungkan fotosintesis bagi tumbuhan, hingga sebagai sumber cahaya alami untuk menerangi bumi.

Tanpa adanya cahaya matahari seluruh makhluk yang mendiami bumi bisa punah, terutama manusia, hewan, dan tumbuhan. Sebab matahari merupakan sumber daya alam utama yang diperlukan setiap mahluk bumi.

Sepenting apakah fungsi matahari bagi bumi? Yuk simak informasi singkatnya dalam ulasan tentang manfaat energi panas matahari bagi kehidupan mahluk bumi berikut.

BACA JUGA : Salah Satu Manfaat Senam Irama Adalah

Manfaat Energi Panas dari Matahari Bagi Kehidupan Mahluk Bumi

manfaat energi panas matahari
Sumber : https://cdn.trt.net.tr/
1. Sumber Vitamin D

Manfaat energi panas matahari yang pertama ialah bermanfaat bagi manusia, yaitu sebagai sumber vitamin D yang juga kerap disebut sebagai “vitamin sinar matahari”. Dalam hal ini kulit manusia mempunyai sejenis kolesterol yang fungsinya sebagai pembangun vitamin D. Saat senyawa tersebut terpapar radiasi UV-B dari matahari, karenanya akan berubah menjadi vitamin D.

Kandungan vitamin D yang diwariskan oleh sinar matahari dapat bersirkulasi dua kali lebih lama dari vitamin D yang ada di dalam makanan atau suplemen lainnya. Akan tetapi, jumlah vitamin D yang dapat diserap oleh tubuh tergantung dari beberapa faktor lainnya, diantaranya usia seseorang, musim, tabir surya, hingga pakaian yang dikenakan.

BACA JUGA : Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

2. Bantu Menguatkan Tulang

Manfaat panas matahari bagi manusia selanjutnya yakni dapat membantu menguatkan tulang pada tubuh. Hal ini berkaitan dengan diperolehnya asupan vitamin D yang cukup dari matahari, dengan begitu dapat membantu dalam menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Vitamin D memilikii peran yang sangat penting dalam pengaturan kalsium serta berperan dalam menjaga kadar fosfor dalam darah.

JIka tubuh kekurangan vitamin D terlebih pada anak-anak, akan berisiko timbul rakhitis. Sedangkan jika yang mengalami kekeurangan vitamin D adalah orang dewasa, hal tersebut akan mengakibatkan osteomalacia atau pelunakan tulang. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat menjadi penyebbab utama dari penyakit osteoporosis.

3. Membantu dalam Proses Fotosintesis
Sumber : https://asset-a.grid.id/

Selain manfaatnya dapat dirasakan oleh manusia, ternyata tumbuhanpun menikmati manfaat dari sinar matahari. Dengan energi panas yang dihasilkan matahari, mampu membantu dalam proses fotosintesis pada tanaman. Tanpa adanya cahaya matahari, mungkin dipastikan jikalau semua tanaman di bumi akan musnah.

Sehingga manfaat ini angatlah erat kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia. Sebab, saat tak ada tumbuhan yang hidup di bumi, manusia dengan mudahnya akan binasa sebab tak ada suplai oksigen dan makanan yang berasal dari tumbuhan. Itu artinya, keberlangsungan siklus kehidupan manusia dan makhluk hidup di bumi lainnya sangatlah bergantung pada sumber energi panas matahari.

BACA JUGA : Jelaskan Manfaat dari Tata Krama

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Adanya paparan dari sinar matahari di waktu siang, amat berguna dalam mengatur jam internal yang akan memastikan tubuh memproduksi melatonin dalam jumlah yang cukup dikala malam hari tiba. Saat cahaya dari matahari mengenai bagian retina mata, produksi serotonin akan mulai diproduksi.

Hal ini disebutkan dalam sebuah penelitian yang menggunakan subyek pekerja kantor, bahwa makin banyak pencahayaan alami yang ia terima, karenanya akan kian baik pula kualitas tidur yang ia dapatkan.

5. Memberi Penerangan
manfaat energi panas matahari
Sumber : https://d15hng3vemx011.cloudfront.net/

Jika dirasakan manfaat satu ini yang paling banyak diketahui dan dirasakan sendiri oleh manusia, terkait keberadaan matahari sebagai sumber utama untuk mendorong keberlangsungan kehidupan manusia di bumi.

Bayangkan saja, jika seandainya tak ada cahaya matahari yang berupa sinar ini, pastinya dunia akan gelap gulita, dan tidak akan ada waktu siang dan malam. Mungkin juga semua umat manusia tak akan mampu mengamati apapun yang ada di lingkungan sekitarnya.

Sehingga sudah sewajarnya, jika manfaat matahari bagi manusia ialah sebagai sumber penerangan alami bagi bumi. Beda halnya dengan sinar dari lampu, walaupun sama-sama menerangi, tetapi lampu memerlukan sumber daya listrik agar dapat menghidupkannya.

BACA JUGA : Apa Saja Manfaat Gotong Royong

6. Dapat Menghasilkan Listrik

Manfaat selanjutnya dari energi panas matahari yakni untuk membuat energi listrik, yang setelahnya dapat digunakan untuk menghidupkan alat elektronik dalam kehidupan sehari-hari.

Di sisi lain, pemakaian energi listrik yang berasal dari tenaga panas matahari atau lebiih dikenal dengan sel surya, Sudah pasti lebih ramah lingkungan, namun cenderung memeiliki harga yang lebih mahal. Serta dibutuhkan beberapa panel surya untuk dapat menyerap panas dari matahari.

BACA JUGA : Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult?

Nah, itulah beberapa manfaat energi panas matahari bagi kelangsungan hidup setiap mahluk di bumi. Semoga ulasan singkat di atas dapat menambah wawasanmu tentang energi utama yang terdapaat di alam yang tiada habisnya.