Sayur Penurun Darah Tinggi

sayur penurun darah tinggi

sayur penurun darah tinggi

Sayur Penurun Darah Tinggi – Penderita hipertensi harus menerapkan pola makan sehat yang tepat sebagai penurun darah tinggi. Salah satu diet yang sesuai dijalankan untuk keseharian merupakan diet dietary approaches to stop hypertension atau DASH.

Pola makan sehat yaitu dengan mengonsumsi lebih banyak buah, sayur, protein rendah lemak, serta asupan tinggi magnesium, kalsium, dan kalium.

Segala sayuran umumnya kaya akan kandungan serat serta dapat membantu mengelola kadar tekanan darah supaya tetap stabil. Terdapat sejumlah sayur untuk menurunkan darah tinggi yang terbukti ampuh.

Lantas, apa saja jenis sayur tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai sayur penurun darah tinggi yang sudah ailea.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Sayur Penurun Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui!

sayur penurun darah tinggi

1. Brokoli

Melansir Prevention, brokoli tergolong makanan yang cocok dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Makanan ini banyak memiliki kandungan yang dapat menjadi penurun darah tinggi. Kandungan tersebut yaitu kalium, kalsium, magnesium, dan vitamin C.

Untuk memperoleh khasiat optimal brokoli, Anda dapat mendiamkan sayuran ini kira-kira 40 menit sesudah dibersihkan dan dipotong. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan enzim pelawan peradangan. Selanjutnya baru rebus, tumis atau makan brokoli sesuai selera.

Baca Juga: Makanan untuk Orang Tipes

sayur penurun darah tinggi

2. Paprika Merah

Sayur untuk menurunkan darah tinggi selanjutnya yaitu paprika merah. Bahan makanan ini banyak memiliki kandungan vitamin A, kalium dan vitamin C.

Paprika merah tergolong sayur yang sangat mudah diolah, Anda dapat memakai sayur ini sebagai campuran olahan yang dipanggang. Dapat juga ditumis menggunakan sedikit minyak zaitun. Selain itu, Anda juga dapat memotongnya sebagai pelengkap hidangan sehari-hari. 

sayur penurun darah tinggi

3. Wortel

Wortel adalah sayur yang dapat menambah tekstur, bergizi tinggi, serta mempunyai cita rasa manis. Dilansir dari Healthline, terdapat kandungan senyawa felonik yang tinggi pada wortel, yaitu seperti p-coumaric, klorogenik serta asam caffeic.

Senyawa ini membantu mengurangi peradangan, mengendurkan pembuluh darah serta membantu menurunkan darah tinggi. Para penderita hipertensi yang ingin mendapatkan manfaat wortel secara maksimal dianjurkan untuk mengonsumsi wortel segar maupun mentah daripada wortel masak.

Baca Juga: Ciri-Ciri Keracunan Makanan

4. Seledri

Makanan kaya serat ini tergolong sayur untuk menurunkan darah tinggi. Hal ini karena seledri mengandung senyawa phthalides. Senyawa phthalides ini mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta mampu mengendurkan pembuluh darah.

Jika wortel yang dianjurkan untuk dikonsumsi mentah bagi penderita hipertensi, maka seledri sebaiknya dimasak terlebih dahulu supaya signifikan membantu menurunkan darah tinggi.

5. Bayam

Bayam tergolong makanan untuk pengidap darah tinggi karena banyak memiliki kandungan senyawa kalium, nitrat kalsium, serta magnesium. Dalam sebuah riset yang melibatkan 27 pengidap hipertensi, orang yang rutin mengonsumsi sayur bayam selama tujuh hari mempunyai kadar tekanan darah yang lebih terkontrol.

Tidak hanya menurunkan tekanan darah, bayam juga berkhasiat untuk menghindari arteri kaku serta meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Obat Sariawan untuk Bayi

Selain mengonsumsi sayur guna menurunkan darah tinggi, setiap pengidap hipertensi juga harus mengimbangi gaya hidup sehatnya dengan membatasi makanan olahan dan makanan siap saji serta meminimalisir asupan garam maupun natrium. Imbangi juga pola makan sehat ini dengan mengonsumsi obat yang diresepkan dokter serta rutin olahraga.

Itulah beberapa sayur penurun darah tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.