Suhu AC yang Baik untuk Bayi

Suhu AC yang Baik untuk Bayi
Suhu AC yang Baik untuk Bayi
Ailea.my.id

Suhu AC yang Baik untuk Bayi – Cuaca panas seperti di Kota memang bisa membuat siapa saja menjadi tidak nyaman, termasuk bayi.  Bayi pasti tidak bisa tidur dengan nyaman dan akan jadi rewel sekali karena merasa kegerahan. Itulah alasan mengapa banyak orang tua memasang pendingin ruangan atau AC.

Selain demi kenyamanan bayi, memasang pendingin ruangan juga bisa mencegah berbagai permasalahan kesehatan akibat panas. Tetapi yang menjadi problem, manakah pendingin ruangan yang lebih baik untuk Karena Tetapi, air conditioner (AC) atau kipas angin? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Sebagian besar dokter sependapat bahwa memasang pendingin ruangan, baik itu AC ataupun kipas angin untuk bayi yang baru lahir,  lebih baik daripada membiarkannya berada di lingkungan yang panas, tanpa udara, dan lembap.

Bayi yang baru lahir, belum bisa menyesuaikan suhu tubuh mereka seperti halnya orang dewasa. Hal tersebut, membuat mereka rentan terhadap penyakit yang dapat timbul akibat udara panas, seperti ruam kulit, dehidrasi, atau sengatan panas.

Menurut para ahli, bahwa ruangan yang didinginkan dan berventilasi baik bisa membantu bayi tidur dengan nyaman serta mengurangi risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Tetapi, di sisi lain ruangan yang terlalu dingin juga bisa membuat bayi menjadi kedinginan.

Suhu AC yang Baik untuk Bayi, Yuk Cari Tahu Informasinya!

Jadi, sebenarnya tidak permasalahan tipe pendingin ruangan yang mana yang anda gunakan, baik itu AC ataupun kipas angin. Tetapi, perlu di lihat terlebih dahulu berikut ketika ingin memasang pendingin ruangan agar tidak membahayakan bagi kesehatan bayi :

1. Pertahankan Suhu Kamar yang Nyaman
Suhu AC yang Baik untuk Bayi
https://www.suara.com/

Aturlah suhu pendingin ruangan senyaman mungkin untuk bayi, sehingga tiak terlalu dingin atau terlalu panas. Anda bisa mengendalikan suhu pendingin berada pada kisaran antara 23–26 derajat Celsius.

Jika, anda menggunakan AC aturlah durasi yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan lewat fitur timer. Jika AC tak memiliki timer, anda bisa menggunakan jam alarm untuk mengingatkan. Bagi anda yang menggunakan kipas angin sebagai pendingin ruangan, pastikan tidak memberi tuntunan kipas angin langsung ke tubuh bayi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iritasi Pada Wajah

2. Gunakan Pakaian Bayi dengan Benar
Suhu AC yang Baik untuk Bayi
https://lifestyle.kompas.com/

Bagi anda yang menggunakan air conditioner sebagai pendingin ruangan, sebaiknya menggunakan baju panjang yang menutupi lengan dan kaki pada bayi agar tidak kedinginan. Jika, mungkin juga perlu menambahkan selimut tipis dan kaus kaki berbahan katun tipis untuk menutupi kakinya untuk mencegahnya kedinginan.

Bagi anda yang menggunakan kipas angin, karena kipas angin tidak memberikan efek dingin secara menyeluruh seperti AC, karena anda bisa memakaikan pakaian yang baik dan benar. Tapi kaus tanpa lengan dengan celana pendek, atau kaus dalam dengan popok,bayi akan merasa lebih nyaman.
Sekedar informasi, sangat penting untuk menyervis AC atau kipas angin secara terprogram untuk menerima pendinginan yang bersih dan efisien.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Memar

4. Menjaga Kelembaban Kulit Bayi
https://www.orami.co.id/

Pendingin ruangan seperti AC sering kali membuat kulit bayi menjadi kering. Nah, maka dari itu anda bisa mengoleskan baby oil di setiap lubang hidung untuk membantu mencegah perdarahan pada hidung yang disebabkan oleh saluran hidung yang kering. Tetapi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum mengoleskan minyak ke lubang hidung bayi.

5. Jangan Bawa Bayi pada Area yang Panas Meninggalkan Ruangan Ber-AC

Perubahan suhu secara tiba-tiba bisa membuat bayi menjadi sakit, jadi alangkah lebih baiknya matikan dulu AC dan beri ia waktu untuk terbiasa dengan suhu luar.

Nah, demikian cara memasang pendingin ruangan untuk bayi. Apabila terjadi permasalahan pada bayi segera pergi ke dokter dan berkonsultasi ya. Semoga informasi ini membantu!